Abstract:
DONI ADRIANSAH (11901046). Program Tahsin Melalui Metode Iqra’ Bagi
Siswa di Kelas X SMAS Mujahidin Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Skripsi ini memiliki tida tujuan: satu, untuk mengetahui perencanaan program
tahsin melalui metode Iqra’ bagi siswa di kelas X SMAS Mujahidin Pontianak; dua:
untuk mengetahui pelaksanaan program tahsin melalui metode Iqra’ bagi siswa di
kelas X SMAS Mujahidin Pontianak; tiga: untuk mengetahui evaluasi program
tahsin melalui metode Iqra’ bagi siswa di kelas X SMAS Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian evaluasi program. Lokasi penelitian terletak di SMAS Mujahidin
Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, gur
Pendidikan Agama Islam dan Keterampilan Ibadah, dan siswa-siswi kelas X SMAS
Mujahidin Pontianak. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi
partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data
melalui dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Sedangkan untuk pemeriksanaan data menggunakan Teknik triangulasi.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh, maka
dapat disimpulkan bahwa: satu, berdasarkan hasil penelitian terhadap perencanaan
program tahsin melalui metode Iqra’ bagi siswa di kelas X SMAS Mujahidin
Pontianak ini yaitu program tahsin ini dilatarbelakangi oleh visi dan misi SMAS
Mujahidin Pontianak. Dan SMAS Mujahidin Pontianak juga mengedepankan ilmu
ilmu agama kepada siswa-siswinya. Dua: pelaksanaan program tahsin melalui
metode Iqra’ bagi siswa di kelas X SMAS Mujahidin Pontianak memiliki beberapa
tahapan, yaitu persiapan sebelum memulai pelaksanaan program tahsin, proses
pelaksanaan program tahsin. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran program tahsin
dapat dilaksanakan ketika semua persiapan sudah dilaksanakan sebaik-baiknya,
mulai dari pembukaan, kegiatan inti atau penyampaian materi dan yang terakhir
penutup. Tiga: evaluasi program tahsin melalui metode Iqra’ bagi siswa di kelas X
SMAS Mujahidin Pontianak yaitu belum menemukan adanya evaluasi terstruktur
yang dilakukan oleh pengajar dan hanya menemukan evaluasi pembelajaran
program tahsin dan evaluasi akhir semester, yaitu berupa nilai akhir siswa-siswi
kelas X SMAS Mujahidin Pontianak.