PERILAKU KONSUMEN MASYARAKAT DESA TERPENCIL DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PADA PENGGUNAAN E-COMMERCE DI DESA MEKAR HARAPAN KECAMATAN SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Zaidar, Muhammad
dc.contributor.author Putri, Nokia Della
dc.date.accessioned 2025-07-21T01:48:25Z
dc.date.available 2025-07-21T01:48:25Z
dc.date.issued 2025-07-01
dc.identifier.citation APA (American Psychologicial Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6891
dc.description.abstract NOKIA DELLA PUTRI (2025) Perilaku Konsumen Masyarakat Desa Terpencil Di Era Digital Studi Kasus Pada Penggunaan E-Commerce Di Desa Mekar Harapan Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini membahas tentang Perilaku Konsumen Masyarakat Desa Terpencil Di Era Digital Studi Kasus Pada Penggunaan E-Commerce Di Desa Mekar Harapan Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai: 1) Untuk mengidentifikasi dan menganalisis perilaku konsumen masyarakat Desa Mekar Harapan Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. 2) Untuk mengetahui sejauh mana dampak e-commerce terhadap perilaku konsumen masyarakat di Desa Mekar Harapan Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Metode yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap Masyarakat Desa Mekar Harapan yang menggunakan e-commerce, serta kepala desa di Desa Mekar Harapan. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu kepala Desa Mekar Harapan. Hasil dari penelitian adalah: 1) Menunjukkan bahwa perilaku konsumen di Desa Mekar Harapan telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi digital. Masyarakat mulai mempertimbangkan faktor citra merek, harga, kualitas produk, promosi, serta ulasan pengguna sebelum melakukan pembelian. Pola konsumsi mereka lebih bijak dan dipengaruhi oleh kebutuhan praktis serta efisiensi waktu dan tenaga. 2) Dampak e-commerce terhadap perilaku konsumen sangat signifikan, ditandai dengan meningkatnya frekuensi belanja online dan pergeseran preferensi konsumen dari toko fisik ke platform digital. E-commerce menjadi solusi strategis bagi masyarakat desa terpencil dalam mengakses berbagai kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau secara geografis. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.subject E-Commerce en_US
dc.subject Masyarakat Desa en_US
dc.subject Era Digital en_US
dc.title PERILAKU KONSUMEN MASYARAKAT DESA TERPENCIL DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PADA PENGGUNAAN E-COMMERCE DI DESA MEKAR HARAPAN KECAMATAN SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account