Abstract:
Ridwan, Pengaruh Penggunaan Strategi Discovery Learning Dengan Media Canva Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X MAN 1 Pontianak. Prorgam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang terbilang kurang aktif yang mana pada saat pembelajaran berlangsung pendidik mengajar dengan metode ceramah dan juga guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku saja yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana pengaruh penggunaan strategi discovery learning dengan media canva terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X MAN 1 Pontianak Tahun 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya eksperimen kuasi dengan desain post-test only control design. Adapun lokasi penelitian yaitu di MAN 1 Pontianak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket (post-test). Serta pengolahan data menggunakan aplikasi software SPSS versi 25 dengan analisis deskriptif dan analisis regresi.
Berdasarkan uji analisis deskriptif statistik dan uji analisis regresi dengan menggunakan spss versi 25, duperoleh hasil yaitu: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan Strategi discovery learning dengan media canva pada Analisis Deskriptif, maka dapat diketahui bahwa rata-rata dari data tersebut mencapai angka 1,00. Pada kategori penggunaan media canva termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang skor dalam persentase mencapai 100%. 2) Aktivitas belajar peserta didik untuk Kelas kontrol atau yang tidak diberikan perlakuan, pada mata pelajaran Qur’an Hadis, yakni kelas X D MAN 1 Pontianak tahun Pelajaran 2024/2025. berdasarkan nilai lembar angket aktivitas belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata 83,79 yang diolah secara persentase sebesar 92,07% dan termasuk pada kategori sangat baik. aktivitas belajar peserta didik untuk Kelas eksperimen atau yang diberikan perlakuan, pada mata pelajaran Qur’an Hadis, yakni kelas X A MAN 1 Pontianak tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan nilai lembar angket aktivitas belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata 105,11 yang diolah secara persentase sebesar 92,20% dan termasuk pada kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi discovery learning dengan media canva terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X MAN 1 Pontianak. Sebagaimana hasil uji hipotesis melalui regresi linier sederhana dengan software SPSS versi 29, menunjukkan bahwa nilai signifikansi koefisien regresi sebesar ≤0,001 < 0,05 (alpha) yang berarti bahwa 𝐻0 ditolak dan H𝑎 diterima.