Abstract:
Anggun Tri Andini, 12115019. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Tabungan Umum Syariah Di BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi pemasaran produk Tabungan Umum Syariah yang diterapkan oleh pihak BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur. 2) Faktor apa saja yang menghambat strategi pemasaran BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur dalam pelaksanaan strategi pemasaran.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif,metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Strategi pemasaran produk Tabungan Umum Syariah yang diterapkan oleh BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur menggunakan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang mencakup produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. 2) Dalam pelaksanaan strategi pemasaran, BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran tidak lepas dari berbagai kendala. Keterbatasan modal promosi membuat BMT UGT Nusantara Capem Sungai Laur harus lebih selektif dan kreatif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.