Pelaksanaan Metode Talaqqi Pada Program Tahfidz Al Qur’an di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author YULIATI, DEAH
dc.date.accessioned 2025-07-16T06:54:09Z
dc.date.available 2025-07-16T06:54:09Z
dc.date.issued 2024-04-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6844
dc.description.abstract DEAH YULIATI, 2024. Pelaksanaan Metode Talaqqi Pada Program Tahfidz Al Qur’an di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Pontianak. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah metode Talaqqi pada program tahfidz al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Pontianak. 2) Kendala metode Talaqqi pada program tahfidz al-Qur’an di Rumah Qur’an Al Qadr Kota Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik sekaligus pengajar Rumah Qur’an Al-Qadr dan 5 orang peserta didik yang belajar di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Pontianak. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Talaqqi pada program tahfidz al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Qadr berjalan dengan lancar sesuai struktur langkah-langkah metode Talaqqi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Terdapat tujuh langkah-langkah pelaksanaan metode Talaqqi. Pertama, murid menghadap guru secara langsung saat menyetorkan hafalan. Kedua, murid membacakan hafalan di hadapan guru. Ketiga, guru mengamati dan mendengarkan hafalan murid. Keempat, murid mengulang awal ayat yang salah. Kelima, jika kesalahan terjadi berulang kali maka guru memberikan bantuan berupa menandai kesalahan hafalan di al-Qur’an pribadi murid. Keenam, guru mengulang ayat yang benar dengan tartil. Ketujuh, murid melanjutkan hafalan yang baru dengan syarat sudah benar dan lancar. 2) Terdapat kendala internal dan eksternal dalam pelaksanaan metode Talaqqi yakni kendala internalnya adalah dikarenakan ada beberapa murid dengan rentang usia 4 sampai 6 tahun yang masih belum lancar berbicara atau tergolong cadel, sehingga saat menghafal dengan metode Talaqqi mereka sedikit kesulitan menyebutkan makhrijul huruf dengan benar. Oleh sebab itu mereka sedikit lambat dalam menghafal karena penyebutan atau pelafazan huruf huruf yang belum tepat. Sedangkan kendala eksternalnya adalah murid jarang melakukan muroja’ah di rumah dan juga kurangnya keterlibatan orang tua dalam mengarahkan dan membimbing anak-anaknya di rumah sehingga ini yang menyebabkan anak-anak cepat lupa akan hafalannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Metode Talaqqi en_US
dc.subject Tahfidz Qur’an en_US
dc.title Pelaksanaan Metode Talaqqi Pada Program Tahfidz Al Qur’an di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account