Abstract:
Achmad Syahruk Faliq 12003084. Integrasi Nilai-nilai Ekonomi Syariah dalam Marketing Mix Travel Haji dan Umrah; Study Kasus PT. Darul Faizin Amanah Dafa Tour & Travel.
Meningkatnya animo umat muslim untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji memicu persaingan antar travel umrah. Untuk itu, perusahaan travel harus memperhatikan Nilai-nilai Ekonomi Syariah agar jamaah mendapatkan pahala Umrah yang mabrur dan penyedia jasa travel mendapatkan profit yang diridhai Allah SWT.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis implementasi Nilai-nilai Ekonomi Syariah PT. Darul Faizin Amanah. 2) Mengetahui kebijakan Marketing Mix PT. Darul Faizin dalam menyelengarakan usaha jasa travel haji dan umrah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode deskriktif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memberikan solusi yang tetap dan komphrensif. Responden utama dalam penelitian ini adalah Komisaris PT. Darul Faizin Amanah dan tringulasi kepada jamaah umrah PT. Darul Faizin Amanah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PT. Darul Faizin Amanah telah mengimplementasikan Nilai-nilai Ekonomi Syariah dengan mencari ridha Allah SWT (tauhid), Memberikan pelayanan yang sama kepada semua jamaah (adl'), Menjalankan operasional berdasarkan prinsip Nabi Muhammad SAW (nubuwwah), Menjalankan operasional sesuai ketentuan pemerintah (khalifah) dan Menyadari setiap tindakan akan mendapatkan balasan di dunia dan akhirat (ma'ad). 2) Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebijakan Marketing Mix PT. Darul Faizin Amanah sesuai dengan perspektif nilai-nilai Ekonomi Syariah, dengan produk (product) yang sesuai kebutuhan jemaah, harga (price) yang wajar, promosi (promotion) yang jujur, dan jaringan distribusi (palace) yang luas dan efektif.