Abstract:
Muhammad luthfi. 12001356. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak. Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pontianak, Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pontianak, Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam memiliki damak terhadap minat peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.
Penelitian yang di menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post Facto. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan menganalisis dua variabel yaitu variabel X (Kompetensi Pedagogik guru) dan Y (Minat belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik) dengan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan angket/kuesioner yang ditujukan kepada peserta didik beragama Islam di kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 3 Pontianak termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 66% yang artinya kemampuan pedagogik guru dalam melaksanakan proses belajar pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kompetensi yang cukup untuk mengelola pembelajaran dan masih perlu ditingkatkan lagi agar mencapai hasil yang maksimal. 2) Minat belajar Peserta Didik di SMK N 3 Pontianak tergolong sedang dengan persentase sebesar 61% yang artinya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam cukup stabil tetapi terbatas pada aspek tertentu dan perlu ditingkatkan lagi agar mendapatkan hasil yang maksimal. 3) Kompetensi pedagogik guru mempengaruhi minat belajar Peserta Didik. Nilai koefisien Kompetensi Pedagogik guru PAI sebesar 13.902 dan koefisien regresi variabel X 0,436, ini menunjukan bahwa setiap 1% untuk Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan minat belajar Peserta Didik sebesar 0,436. Karena koefisien regresi bernilai positif, maka variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y Secara sederhana, semakin tinggi Kompetensi Pedagogik Guru, maka semakin tinggi pula Minat Belajar Peserta Didik. Berdasarkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar Peserta Didik
ABSTRAK
Muhammad luthfi. 12001356. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak. Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pontianak, Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pontianak, Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam memiliki damak terhadap minat peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.
Penelitian yang di menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post Facto. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan menganalisis dua variabel yaitu variabel X (Kompetensi Pedagogik guru) dan Y (Minat belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik) dengan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan angket/kuesioner yang ditujukan kepada peserta didik beragama Islam di kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 3 Pontianak termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 66% yang artinya kemampuan pedagogik guru dalam melaksanakan proses belajar pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kompetensi yang cukup untuk mengelola pembelajaran dan masih perlu ditingkatkan lagi agar mencapai hasil yang maksimal. 2) Minat belajar Peserta Didik di SMK N 3 Pontianak tergolong sedang dengan persentase sebesar 61% yang artinya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam cukup stabil tetapi terbatas pada aspek tertentu dan perlu ditingkatkan lagi agar mendapatkan hasil yang maksimal. 3) Kompetensi pedagogik guru mempengaruhi minat belajar Peserta Didik. Nilai koefisien Kompetensi Pedagogik guru PAI sebesar 13.902 dan koefisien regresi variabel X 0,436, ini menunjukan bahwa setiap 1% untuk Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan minat belajar Peserta Didik sebesar 0,436. Karena koefisien regresi bernilai positif, maka variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y Secara sederhana, semakin tinggi Kompetensi Pedagogik Guru, maka semakin tinggi pula Minat Belajar Peserta Didik. Berdasarkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas XI Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Pontianak.