PENGARUH KUALITAS LAYANAN E-BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KOTA PONTIANAK PADA ERA DIGITAL

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Roma, Kholifuddin
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.author Andini, Salsa
dc.date.accessioned 2025-07-14T03:13:49Z
dc.date.available 2025-07-14T03:13:49Z
dc.date.issued 2025-06-24
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6799
dc.description.abstract SALSA ANDINI (12107017), Pengaruh Kualitas Layanan E-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Pontianak Pada Era Digital. Program studi perbankan syariah. Fakultas ekonomi dan bisnis islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah di Kota Pontianak pada era digital. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kota Pontianak yang merupakan pengguna e-banking. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang diambil dengan menyebarkan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji outer model dan inner model yang terdapat pada alat analisis data yaitu SmartPLS 4.0. Berdasarkan dengan hasil analisis data yang dilakukan, variabel endogen kualitas layanan e-banking meliputi tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati), terhadap kepuasan nasabah sebagai variabel eksogen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,938 > 0,05, sehingga hipotesis ditolak. Variabel tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,938 > 0,05, sehingga hipotesis ditolak. Variabel reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,014 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Variabel responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,038 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Variabel assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,008 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Variabel empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai P Values = 0,047 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kualitas Layanan en_US
dc.subject E-Banking en_US
dc.subject Kepuasan Nasabah en_US
dc.subject Era Digital en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS LAYANAN E-BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KOTA PONTIANAK PADA ERA DIGITAL en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account