Abstract:
ADE PUTRI MEDIANTI, SEM Non Parametrik untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Think Pair Share dan Media Geogebra terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Sungai Ambawang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran think pair share; 2) Mendeskripsikan penggunaan media geogebra; 3) Mendeskripsikan prestasi belajar; 4) Menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap prestasi belajar; 5) Menjelaskan pengaruh penggunaan media geogebra terhadap prestasi belajar; 6) Menjelaskan pengaruh pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share dan media geoegbra secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kelas VIII pada materi persamaan garis lurus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis expost facto. Sumber data dalam penelitian ini adalah populasi peserta didik Kelas VIII A dan B yang berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu: observasi langsung partisipan, angket, tes dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan peneliti analisis dengan menggunakan: validitas isi, analisis butir (indeks kesukaran dan daya pembeda), reliabilitas, dan validitas konstruk. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif dan uji hipotesis yang menggunakan Adjusted R-Square, Uji F-Square dan Uji pengaruh langsung.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran think pair share menunjukkan hasil optimal dari observasi guru termasuk kategori sangat baik, sedangkan hasil angket dari peserta didik termasuk kategori cukup; (2) Penggunaan media geogebra dari hasil observasi termasuk kategori sangat baik sedangkan hasil angket termasuk dalam kategori tinggi; (3) Prestasi belajar peserta didik rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 18,78% dan kelas eksperimen sebesar 25,95, kategori sangat rendah, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 30,39 (sangat rendah) dan untuk kelas eksperimen 81,02 (sangat tinggi); (4) Penggunaan model pembelajaran think pair share berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (5) Penggunaan media geogebra berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (6) Penggunaan model pembelajaran think pair share dan media geogebra mempengaruhi prestasi belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus sebesar 48,1%.