Abstract:
URAY TANTRI AINIYYAH. Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 10 Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan numerik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak; (3) Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak tahun Pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 360 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah 30% dari jumlah populasi, sehingga sampel yang diambil sebanyak 108 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi Pearson.
Berdasarkan pada analisis data yang digunakan, maka peneliti mendapat kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan numerik peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak, dari 108 peserta didik diantaraya memiliki kemampuan numerik dalam kategori rendah dengan persentase 18,6% yaitu sebanyak 20 peserta didik, kategori sedang dengan persentase 65,7% yaitu sebanyak 71 peserta didik, dan kategori tinggi dengan 15,7% yaitu sebanyak 17 peserta didik; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak, dari 108 peserta didik diantaraya memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori rendah dengan persentase 11,1% yaitu sebanyak 12 peserta didik, kategori sedang dengan persentase 76,9% yaitu sebanyak 83 peserta didik, dan kategori tinggi dengan 12,0% yaitu sebanyak 13 peserta didik (3) Terdapat Hubungan Positif yang Signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 untuk a= 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima dengan koefisien korelasi sebesar 0,490 dalam kategori cukup kuat. Dan keeratan hubungan kemampuan numerik dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak adalah 24,0%.