Abstract:
NUR INDRAWATI, Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep dalam Materi PLSV pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Nurul Ummah: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Pemahaman konsep dalam materi PLSV peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; 2) Pemahaman konsep dalam materi PLSV peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga; 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep dalam materi PLSV pada peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah; 4) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep dalam materi PLSV pada peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) yang dirancang dengan desain Pre-test Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 95 dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, maka sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes esai; 2) teknik observasi dengan instrumen lembar observasi; 3) teknik studi dokumentasi dengan instrumen alat elektronik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Kelas kontrol menunjukkan hasil nilai rata – rata pre-test sebesar 50,40 dan nilai rata – rata post-test sebesar 63,66; 2) Kelas eksperimen menunjukkan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 55,40 dan nilai rata-rata post-test sebesar 69,14; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep dalam materi PLSV pada peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansinya 0,145 <0,05; 4) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga adalah sebesar 1,85 dengan persentase 96,4%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw berbantuan alat peraga memberikan pengaruh yang tinggi terhadap pemahaman konsep dalam materi PLSV pada peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ummah.