Abstract:
Ananda Amelia (12116088). Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR) dan Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Food And Beverage Pada Index Saham Syariah Indonesiaa Periode 2021-2023). Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan kualitas laba sebagai faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan, khususnya pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia, mengingat perkembangan ekonomi syariah dan kebutuhan investor terhadap informasi yang transparan dan sesuai prinsip syariah pada periode 2021-2023
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Nilai perusahaan; 2) Pengaruh Kualitas laba terhadap Nilai perusahaan; 3) Pengaruh Islamic Social Reporting dan Kualitas laba terhadap Nilai perusahaan .
Jenis Penelitian ini adalah penelitiaan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kaosal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor Food and Beverage yang terdaftar di Islamic Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu 39 perusahaan sektor Food and Beverage. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan sektor Food and Beverage pada Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode analisis data panel yang diolah dengan alat bantu aplikasi Eviews 10.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Islamic social reporting (ISR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) kualitas laba tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 3) islamic social reporting dan kualitas laba secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan