Abstract:
Annisa Fitri Iranda. 12101147. Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui ‘Aqidatul ‘Awam Dalam Membangun Karakter di Yayasan Rumah Tahfizh Ar-Royyan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak melalui penggunaan kitab ‘Aqidatul ‘Awam di Yayasan Rumah Tahfizh Ar-Royyan, serta menganalisis sejauh mana kontribusi pembelajaran tersebut dalam pembentukan karakter peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif-deskriptif. Sumber datanya adalah satu ustad, dua ustadzah yang mengajar kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan tiga peserta didik di Yayasan Rumah Tahfizh Ar-Royyan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini Wawancara mendalam semi-terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi
Berdasarkan pada Analisi yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) Materi Akidah Akhlak yang diajarkan melalui kitab ‘Aqidatul ‘Awam yaitu sifat-sifat wajib bagi Allah sebanyak 20 sifat, Selain itu, juga dijelaskan sifat- sifat mustahil bagi Allah, yang merupakan kebalikan dari sifat-sifat wajib tersebut, serta satu sifat jaiz. Kitab ini memuat pembahasan mengenai keimanan kepada para rasul Allah, dengan menguraikan empat sifat yang wajib dimiliki oleh para rasul, yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Selain itu, dijelaskan pula sifat-sifat yang mustahil dimiliki oleh para nabi, serta satu sifat jaiz, yaitu sifat-sifat kemanusiaan yang tidak mengurangi kemuliaan mereka sebagai utusan Allah. Di samping pembahasan mengenai rukun iman kepada Allah dan rasul-Nya, kitab ini juga menyinggung rukun iman lainnya secara singkat, seperti keimanan kepada malaikat, kitab-kitab suci, para nabi terdahulu, hari kiamat, serta takdir.(2) Penerapan kitab ‘Aqidatul ‘Awam di Yayasan Rumah Tahfizh Ar-Royyan didasarkan pada pertimbangan bahwa kitab ini disusun dalam bentuk nadzam yang mudah dihafal, memuat pokok-pokok ajaran akidah dan akhlak, serta terbukti efektif dalam menanamkan nilai keimanan dan membentuk karakter santri sejak usia dini. (3) Kendala dalam pembelajaran akidah akhlak melalui kitab ‘Aqidatul ‘Awam dalam membentuk karakter di Yayasan Rumah Tahfizh Ar-Royyan meliputi faktor penghambat (perbedaan latar belakang peserta didik dan tingkat kefokusan)