ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS LAYANAN PERBANKAN PADA APLIKASI MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DAN BANK KALBAR SYARIAH DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Rahmawati, Nurul
dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Sulistianingsih, Sulistianingsih
dc.contributor.author Rahmawati, Rahmawati
dc.date.accessioned 2025-07-03T07:54:23Z
dc.date.available 2025-07-03T07:54:23Z
dc.date.issued 2025-06-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6701
dc.description.abstract Rahmawati. 12107003. “Analisis Perbandingan Kualitas Layanan Perbankan Pada Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dan Bank Kalbar Syariah di Kota Pontianak”. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui Perbandingan kualitas Layanan aplikasi BSI Mobile Dan Bank Kalbar Syariah Mobile Di Kota Pontianak?. (2) Mengetahui penilaian nasabah dalam kualitas layanan aplikasi BSI Mobile dan Bank Kalbar Syariah Mobile Di Kota Pontianak?. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam melaksanakan penelitian, diperlukan data yang akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembahasan dan analisa. Jumlah responden 30 orang dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perbandingan kualitas layanan dari BSI Mobile dan Bank Kalbar Syariah Mobile yaitu BSI Mobile lebih unggul karena memiliki tampilan antarmuka yang modern dan menarik, fitur yang lebih lengkap seperti zakat, wakaf, top-up e-wallet, serta pembukaan rekening online. Selain itu, BSI memiliki cakupan wilayah operasional yang luas secara nasional, sehingga memberikan kemudahan akses bagi nasabah di berbagai daerah. Sebaliknya, Bank Kalbar Syariah Mobile menonjol dalam stabilitas sistem dan kesederhanaan tampilan, yang memudahkan nasabah lokal, terutama yang belum terbiasa dengan teknologi digital. Dan fiturnya sederhana tidak sebanyak di aplikasi M- Banking BSI . 2) Penilaian nasabah terhadap BSI Mobile dan yaitu Bank Kalbar Syariah Mobile nasabah merasa puas dengan kualitas layanan dari kedua aplikasi. Karena nasabah merasa terbantu dengan adanya Mobile Banking pada aktivitas sehari hari. Namun, dari hasil wawancara mayoritas nasabah mengungkapkan kepuasan lebih tinggi terhadap BSI Mobile dibuktikan dengan fitur-fiturnya yang lebih lengkap serta memiliki cakupan layanan yang lebih luas dibandingkan Bank Kalbar Syariah Mobile . Meskipun demikian, aplikasi Bank Kalbar tetap digunakan karena menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam bertransaksi en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kualitas Layanan en_US
dc.subject Mobile Banking en_US
dc.subject Perbankan Syariah en_US
dc.title ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS LAYANAN PERBANKAN PADA APLIKASI MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DAN BANK KALBAR SYARIAH DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account