KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS IV SD PLUS BINA 45 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.author SARI, INDAH PERMATA
dc.date.accessioned 2025-07-03T07:19:21Z
dc.date.available 2025-07-03T07:19:21Z
dc.date.issued 2025-05-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6696
dc.description.abstract Indah Permata Sari 11811182, “Keterampilan Pengelolaan Kelas Oleh Guru Melalui Penggunaan Media Audio Visual Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025”. Tujuan dari penelitian ini ialah pertama, untuk mengetahui apa saja aspek keterampilan guru dalam mengelola kelas menggunakan media audio visual mata pelajaran fiqih kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur Tahun ajaran 2024/2025. Kedua, untuk mengetahui apa saja media audio visual yang paling sering digunakan oleh guru dalam pengelolaan kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur Tahun ajaran 2024/2025. Ketiga, untuk mengetahui apa saja farktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kelas menggunakan media audio visual Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SD Plus Bina 45 Pontianak Timur. Sumber data penelitian adalah dengan menggunakan data primer dan sekunder, sedangkan pengumpulan data adalah dengan pedoman obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu dengan cara Tringulasi dan Member Check, Tujuan dari penelitian ini ialah pertama, aspek keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih mencakup empat hal utama yaitu keterampilan teknis, perencanaan pembelajaran yang matang, keterampilan pedagogis, dan variasi media. Kedua, media audio visual yang paling sering digunakan oleh guru dalam pengelolaan kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur adalah video pembelajaran dan animasi. Ketiga, faktor pendukung dalam pengelolaan kelas menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di kelas IV SD Plus Bina 45 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025 meliputi ketersediaan perangkat seperti laptop dan proyektor, serta adanya media interaktif Sementara itu, faktor penghambatnya adalah kurangnya keterampilan teknis guru dalam penggunaan media, serta tidak semua konten visual sesuai dengan materi pembelajaran fiqih. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan guru en_US
dc.subject pengelolaan kelas en_US
dc.subject media audio visual en_US
dc.title KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS IV SD PLUS BINA 45 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account