Abstract:
Nadia Oktaviani. 12011030. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap
v
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sirajuddin Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Salah satu aspek yang sangat penting di kembangkan pada tahapan anak usia dini yaitu aspek sosial emosional. Dengan kemampuan sosial emosional anak dapat membangun hubungan positif dengan orang lain, beradaptasi dengan lingkungan, dan kemampuan mengontrol emosi dengan baik. Keberhasilan anak dalam mencapai kemampuan sosial emosional sangat membutuhkan peran lingkungan keluarga khususnya orang tua. Pola asuh orang tua yang diterapkan sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sirajuddin Pontianak. 2) Mengetahui Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sirajuddin Pontianak. 3) Mengetahui tingkat keterpengaruhan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Sirajuddin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Ex-Post Facto. Populasi adalah orang tua didik kelompok B2 TK Sirajuddin Pontianak. Sedangkan sampel yang digunakan Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Di TK Sirajuddin Kota Pontianak, pola pengasuhan yang diterapkan oleh para orang tua terhadap anak usia 4-5 tahun cenderung pada pendekatan demokratis dengan diperoleh hasil tertinggi yaitu rata-rata 96,9 presentasi 36%. 2) Adanya pengaruh signifikan dari cara orang tua mendidik terhadap pertumbuhan aspek sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Dalam hal ini, perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun dapat digambarkan dari jumlah responden sebanyak 32 orang, ada 3 anak mengalami perkembangan sosial emosional pada kategori rendah dengan presentase 9%, sedangkan untuk kategori sedang terdapat 21 dengan presentase 66% dan kategori tinggi pada 8 anak dengan presentase 25%. Data ini merupakan gambaran perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun sebesar 5,895 dengan nilai sig sebesar 0,021. Dibandingkan dengan taraf signifikannya 0,05 (5%). Nilai sig ini lebih kecil dari 0,05 (5%), ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima.