PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak)

Show simple item record

dc.contributor.author Wahida, Besse
dc.date.accessioned 2025-07-01T04:51:38Z
dc.date.available 2025-07-01T04:51:38Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6669
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan seputar metodologi pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak. Paradigma penelitian yang digunakan adalah post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data terdiri dari; data primer yaitu dosen bahasa Arab dan mahasiswa FUAD IAIN Pontianak, dan data sekunder berupa dokumen-dokumen pendukung. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini yaitu: Metodologi pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak terdiri dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kompetensi dosen, mahasiswa, metode pembelajaran, alokasi waktu, dan sarana dan media pembelajaran belum semuanya optimal, padahal semuanya saling terkait satu sama lainnya dalam menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak. Problem metodologi pembelajaran bahasa Arab terkait dengan mahasiswa terdiri dari latar belakang mahasiswa yang heterogen, motivasi belajar bahasa Arab yang rendah, kurangnya feedback dari mahasiswa. Problem terkait dengan dosen yaitu kurangnya penggunaan sarana dan media di kalangan dosen bahasa Arab. Problem terkait metode pembelajaran terdiri dari kurang tepatnya metode yang digunakan, kurangnya variasi metode dalam pembelajaran. Sementara problem terkait waktu dan sarana atau media yaitu alokasi waktu yang minim dan terkadang kurang kondusif, serta sarana dan fasilitas yang kurang memadai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Jurnal Al-Astar ATAI Mempawah en_US
dc.subject bahasa Arab en_US
dc.subject metodologi en_US
dc.subject pembelajaran en_US
dc.subject problematika en_US
dc.title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account