dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan seputar metodologi
pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak. Paradigma penelitian yang
digunakan adalah post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data terdiri dari; data primer yaitu dosen bahasa Arab dan
mahasiswa FUAD IAIN Pontianak, dan data sekunder berupa dokumen-dokumen
pendukung. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
teori Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: Metodologi pembelajaran bahasa Arab di IAIN
Pontianak terdiri dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kompetensi dosen,
mahasiswa, metode pembelajaran, alokasi waktu, dan sarana dan media pembelajaran
belum semuanya optimal, padahal semuanya saling terkait satu sama lainnya dalam
menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak.
Problem metodologi pembelajaran bahasa Arab terkait dengan mahasiswa terdiri
dari latar belakang mahasiswa yang heterogen, motivasi belajar bahasa Arab yang
rendah, kurangnya feedback dari mahasiswa. Problem terkait dengan dosen yaitu
kurangnya penggunaan sarana dan media di kalangan dosen bahasa Arab. Problem
terkait metode pembelajaran terdiri dari kurang tepatnya metode yang digunakan,
kurangnya variasi metode dalam pembelajaran. Sementara problem terkait waktu dan
sarana atau media yaitu alokasi waktu yang minim dan terkadang kurang kondusif,
serta sarana dan fasilitas yang kurang memadai. |
en_US |