PENGEMBANGAN MEDIA ICE BREAKING BERBASIS 4C PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN RASAU JAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Komalasari, Komalasari
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Nursila, Risa
dc.date.accessioned 2025-07-01T03:24:37Z
dc.date.available 2025-07-01T03:24:37Z
dc.date.issued 2025-06-02
dc.identifier.citation APA 7th en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6668
dc.description.abstract RISA NURSILA, Pengembangan Media Ice Breaking Berbasis 4C pada Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Mts Al-Muhajirin Rasau Jaya: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025 Tujuan utama dari penelitian ini yakni mengembangkan media Ice Breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Secara rinci, tujuan penelitian ini dibagi menjadi tiga. Pertama, menganalisis kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media Ice Breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Kedua, menganalisis penerapan media Ice Breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Ketiga, menganalisis respon peserta didik terhadap media Ice Breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan merujuk pada model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini bertempat di Mts Al-Muhajirin Rasau Jaya dan dilakukan selama periode janurari hingga april 2025. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Mts Al Muhajirin Rasau Jaya sebanyak 17 peserta didik. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode population sampling (sampel jenuh). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan validasi ahli dengan bantuan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi check list, lembar angket tertutup dan lembar validasi ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Standar Baku Ideal (SBI) untuk menguji kelayakan media dan menganalisis respon peserta didik terhadap media, Indeks Aiken’s V untuk menguji validitas soal, serta Interjudge Agreement (IJA) untuk menganalisis keterlaksaan pembelajaran melalui lembar observasi. Hasil penelitian telah menjawab ketiga tujuan penelitian. Pertama, media Ice Breaking berbasis 4C layak digunakan dengan hasil validasi ahli dan materi memperoleh persentase 94% (kategori sangat baik). Kedua. penerapan media Ice Breaking berbasis 4C dalam pembelajaran berjalan dengan baik sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100%. Ketiga, respon peserta didik terhadap media menunjukan rata-rata skor yang berbeda setap aspek. Pada aspek communication rata-rata skor sebesar 13,47, aspek collaboration rata-rata skor sebesar 31,41, aspek creativity rata-rata skor sebesar 22,57 dan critical thinking rata-rata skor sebesar 3,47. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ice Breaking en_US
dc.subject 4C en_US
dc.subject Relasi dan Fungsi en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA ICE BREAKING BERBASIS 4C PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN RASAU JAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account