Abstract:
INDRA FITRI, Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 10 Pontianak : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini: (1) Mengembangkan media pembelajaran kartu domino pada materi barisan dan deret aritmatika matematis peserta didik Kelas X SMA Negeri 10 Pontianak; 2) Menelaah kemampuan literasi peserta didik Kelas X SMA Negeri 10 Pontianak; 3) Mengukur signifikansi perbedaan kemampuan literasi matematis pada kelas yang menggunakan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran kartu domino pada materi barisan dan deret aritmatika untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer, yaitu: 1) Sumber primer adalah hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak, angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran kartu domino materi barisan dan deret aritmatika, lembar validasi oleh ahli media, bahasa dan materi; 2) Sumber sekunder adalah jurnal dan buku yang membahas mengenai media pembelajaran dan literasi matematis. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis deskriptif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran kartu domino pada materi barisan dan deret aritmetika kategori baik dengan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan oleh peneliti memiliki hasil rata-rata 74%; (2) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan media pembelajaran kartu domino dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran kartu domino. Adapun persentase kemampuan literasi matematis kelas eksperimen sebesar 74% dan kelas kontrol 43%; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan media pembelajaran kartu domino terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil kemampuan literasi matematis yang memiliki perbedaan antara kelas yang menggunakan media kartu domino dengan yang tidak menggunakan media kartu domino.