Abstract:
ISMAWATI. Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel MTS Mujahidin Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan Penelitian ini terbagi menjadi tiga. Pertama, penggunaan metode kooperatif tipe make a match sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak; Kedua, prestasi belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel setelah menerapkan metode kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak; Ketiga, pengaruh yang signifikan penggunaan metode kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu), adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster sampling, maka sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A 15 peserta didik kelas kontrol dan kelas VIII B 15 peserta didik kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: teknik tes, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha diperoleh
𝑟 = 0,692. Analisis data menggunakan uji Independent T-Test.
Hasil observasi menunjukan kategori sangat tinggi, dilihat dari rata-ratanya sebesar 4 dengan presentase sebesar 100%. Hasil tes menunjukan bahwa kelas kontrol pretest hasil nilai rata-ratanya 60,59 hasil nilai posttest rata-ratanya 75,29. Sedangkan, kelas eksperimen hasil nilai pretest rata-ratanya 65,09 hasil nilai posttest rata-ratanya 96,16. Hasil analisis data yang di dapat diketahui nailai hasil dari uji independet t-test, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka, H_0 ditolak H_1 diterima, hal tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe make a match materi sistem persamaan linear dua variabel terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak.