Abstract:
AULIA MUZDOLIFAH. Korelasi antara Kecenderungan Nomophobia dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Tingkat kecenderungan nomophobia yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2021 di IAIN Pontianak. 2) Hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2021 di IAIN Pontianak. 3) Korelasi antara kecenderungan nomophobia dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2021 di IAIN Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung (angket/kuesioner) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 245 mahasiswa dengan sampel sebanyak 152 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Uji Validitas dan Realiabilitas, 2) Analisis Mean dan Persentase, 3) Uji Normalitas dan Homogenitas, 4) Uji Hipotesis Nonparametrik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kecenderungan nomophobia pada mahasiswa tergolong tinggi dengan rata-rata skor 3,7872. 2) Hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata IPK sebesar 3,79 atau 94,68%. 3) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kecenderungan nomophobia dan hasil belajar mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,998. Dengan demikian, Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H₀) ditolak, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecenderungan nomophobia dan hasil belajar mahasiswa.