Abstract:
ELSYA ASTIANI. Pengaruh Penggunaan Media Sosial YouTube terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan media sosial YouTube dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025. 2) Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025. 3) Motivasi belajar siswa di kelas kontrol dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025. 4) Pengaruh penggunaan media sosial YouTube terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasy Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Desain. Adapun lokasi penelitian yaitu di SD Negeri 09 Pontianak Timur. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, lembar angket dan skala motivasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian, dapat disimpulkan: 1) Penggunaan media sosial YouTube dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti termasuk dalam kategori sangat baik dikarenakan memiliki nilai rata-rata sebesar 1,00 dan secara persentase sebesar 100%. Selain itu angket penggunaan media sosial YouTube yang diberikan setelah menggunakan media sosial YouTube dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti termasuk dalam kategori sangat baik dengan memiliki rata-rata 49,81 dengan persentase 88,94%. 2) Motivasi belajar siswa untuk kelas eksperimen pada pretest memiliki nilai rata-rata 83,48 dan secara persentase sebesar 87,87% dan pada posttest memiliki rata-rata 88,35 dan secara persentase sebesar 90,15%. Kedua data tersebut termasuk pada kategori sangat baik. 3) Motivasi belajar siswa untuk kelas kontrol pada pretest memiliki nilai rata-rata 83,25 dan secara persentase sebesar 87,63% dan pada posttest memiliki rata-rata 83,50 dan secara persentase sebesar 87,89%. Kedua data tersebut juga termasuk pada kategori sangat baik. 4) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar <0,001 < 0,05 (α), maka keputusan akhirnya ialah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media sosial YouTube terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas V SD Negeri 09 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025.