Abstract:
SARVIA. Pengaruh PBL Berbantuan Media Pembelajaran Papan Bilangan Berpangkat Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Pada Kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini secara khusus terbagi menjadi tiga. Pertama, Untuk mengetahuipbl berbantuan media pembelajaran Plakat pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu. Kedua, Untuk mengetahui kemampuan berhitung matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu. Ketiga, Untuk mengetahui pengaruh pbl berbantuan media pembelajaran Plakat terhadap kemampuan berhitung matematika peserta didik materi perpangkatan dan bentuk akar pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Group Control. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu dengan jumlah 27 orang. Sampel yang yang digunakan terdiri dari kelas IXA sebanyak 14 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IXB sebanyak 13 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data terdiri dari soal tes, lembar observasi, dokumentasi dan foto. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini telah menjawab semua tujuan penelitian. Pertama Penggunaan media pembelajaran plakat terhadap kemampuan berhitung materi perpangkatan dan bentuk akar pada kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu yakni dalam proses penggunaan media pembelajaran plakat te$lah dilakukan sesuai dengan ketentuan/teori yang digunakan. Kedua Kemampuan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika materi perpangkatan dan bentuk akar pada kelas IX NTs Negeri 03 Kapuas Hulu terdapat perbedaan pada kelas eksperimen dipe$role$h nilai rata-rata pada tahap pre$te$st yakni 21,84 dan pada tahap postte$st yaitu$ 58,98. dibandingkan kelas kontrol nilai rata-rata pada tahap pre$te$st yakni 16,70 dan pada tahap postte$st yaitu$ 32,53. Ketiga terdapat Pengaruh PBL Berbantuan Media Pembelajaran Papan Bilangan Berpangkat Terhadap kemampuan berhitung materi perpangkatan dan bentuk akar pada kelas IX MTs Negeri 03 Kapuas Hulu signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.