Abstract:
ROBBY 11811257. Hubungan Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dengan Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII Pembelajaran SKI di MTs Al-Fatwa Kubu Raya Tahun 2022: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas dan guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan : 1) Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru SKI kelas VIII dalam penerapan metode diskusi. 2) Bagaimana motivasi belajar siswa selama diskusi kelompok berlangsung. 3) Apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan mengambil 6 sampel dari 27 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan data melalui teknik (penyajian data, reduksi data, dan display). Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan member check.
Adapun hasil penelitian ini tentang penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Fatwa Kubu Raya, Sungai Raya. 1) Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru SKI kelas VIII dalam penerapan metode diskusi, langkah-langkah yang telah dibuat oleh guru sesuai dengan apa yang sudah tertera di RPP walau ada beberapa bagian atau poin dari RPP tidak dilakukan bahkan tidak ada di dalam RPP. 2) Motivasi belajar peserta didik selama diskusi kelompok berlangsung meningkat, hal ini dibuktikan ketika diskusi kelompok berlangsung mereka bisa melaksanakan dengan semangat serta rasa kekompakkan peserta didik disetiap kelompok, seperti antusias dalam berdiskusi, antusias bertanya, memberikan saran dan membantu menjawab pertanyaan kelompok lainnya. Walau ada beberapa siswa yang diam dan terlihat kurang tertarik dengan diskusi yang dilakukan, tetapi dari keseluruhan hasilnya motivasi belajar siswa itu meningkat. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok, yaitu kurangnya waktu untuk melaksanakan diskusi, kurang sarana di dalam kelas. Kurangya sikap tegas guru kepada peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru sehingga ada beberapa peserta didik yang terlihat ribut dan asik sendiri.