Abstract:
Nurhikmawati, 12005002, Analisis Pesan Moral Pada Iklan Daikin Indonesia Versi “Doa Di ujung Ramadhan” Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan peneliti ini secara utama untuk mengetahui analisis Pesan Moral pada iklan Daikin Indonesia versi Doa diujung Ramadhan. Penelitian ini memiliki sub tujuan yaitu: 1) Makna dari denotasi pada iklan Daikin Indonesia versi Doa di Ujung Ramadhan. 2)Makna dari konotasi pada iklan Daikin Indonesia versi Doa di Ujung Ramadhan. 3) Makna dari mitos pada iklan pada iklan Daikin Indonesia versi “Doa di Ujung Ramadhan”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Sumber data yang digunakan ini adalah bearasal dari Video Youtube Daikin Indonesia 2023. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi tidak langsung, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan Teknik Analisis model Roland Barthes. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan ketekunan dan kecukupan referensi.
Dari hasil Analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan Analisis Pesan moral Utama pada iklan ini ialah: Pertama, Kesabaran dan Kebersyukuran. Kedua, Pengampunan dan Pemaaf. Ketiga Kasih Sayang dan Kepedulian. Ke empat, Doa dan Keimanan. Kemudian Pesan moral yang ditemukan pada iklan Daikin Indonesia versi “Doa Diujung Ramadhan”, yaitu: 1) Pentingnya menghormati dan mematuhi orang tua, 2) Meminta maaf dan memaafkan adalah jalan terbaik untuk memperbaiki hubungan, 3) Kasih sayang dan kepedulian dapat memperkuat hubungan keluarga, 4) Jagalah kasih sayang dan hormati orang tua selama mereka masih hidup agar menyesal di kemudian hari. Dengan makna pesan moralnya ialah: Pentingnya memperkuat hubungan keluarga dengan kasih sayang, kepedulian, dan doa yang tulus. Menghargai dan memperhatikan orang tua, memaafkan dan memahami kesalahan, serta menjaga keutuhan dan harmonis keluarga dapat membawa kebahagiaan dan mempersatukan keluarga. Dengan demikian, kita dapat membangun hubungan yang harmonis dan kuat dengan orang-orang yang kita cintai.