Abstract:
ZAKIR, (11915078).2023.Skripsi. “Upaya UMKM Dalam
Mempertahankan Tingkat Pendapatan di Desa Tanjung Merpati
Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau”. Program Studi Manajemen
Bisnis Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam
Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Upaya pelaku
UMKM untuk meningkatkan tingkat pendapatan di era banyaknya mini
market modern di desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan
Kabupaten Sanggau. 2). upaya yang di lakukan UMKM dalam
meningkatkan pendapatan menggunakan metode analisis SWOT di desa
Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan observasi langsung ke lokasi penambangan pasir,
kemudian dilakukan wawancara langsung kepada pekerja penambang
pasir, UMKM yang ada di sekitaran lokasi pertambangan serta staff desa,
peneliti juga melakukan dokumentasi atau pengambilan gambar serta
merekam pada saat penelitian serta melakukan riset ke perpustakaan.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Upaya
UMKM dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan tingkat
pendapatan berupa selalu konsisten, selalu melakukan pelayanan dengan
baik, ramah, dan murah senyum, menjaga dan mengawasi produk,
kesesuaian memenuhi tempat yang aman, menjaga kebersihan tempat
berjualan, serta selalu membuat konsumen selalu merasa nyaman dalam
berbelanja 2). Upaya UMKM dalam mempertahankan pendapatan dengan
menggunakan metode analisis SWOT berupa strength (kekuatan) pelaku
UMKM bisa menjual produk dengan harga yang relatif lebih murah,
weakness (kelemahan) beberapa pelaku UMKM belum mendapatkan
tempat yang strategis untuk berjualan dan lemah dalam permodalan usaha
opportunities (peluang) pelaku UMKM memiliki peluang di antaranya
memiliki pelanggan tetap yang selalu berbelanja di toko mereka, serta bisa
menjual produk dengan harga yang sedikit lebih murah, threats (ancaman)
sudah terlalu banyak toko serupa yang menjadi pesaing para pelaku
UMKM dan di tambah lagi dengan hadirnya mini market modern seperti
Alfamart dan Indomart.