Abstract:
Upaya telah dilakukan termasuk pembinaan karakter relegius, agar meningkatnya ketaatan beribadah para siswa. Namun sepertinya apa yang diharapkan tidak berjalan mulus. Pembinaan belum berjalan optimal. . Pendidikan karakter dalam mata pelajaran agama diserahkan sepenuhnya pada guru agama saja, maka wajar hingga saat ini pendidikan karakter belum menunjukan hasil yang optimal. Hal ini terbukti dari fenomena sosial di SMK Al Madani Pontianak masih ada siswa yang menunjukan perilaku yang tidak berkarakter.
Adapun program pembinaan karakter yang dilaksanakan di SMK Al Madani Pontianak secara umum berupa jenis kegiatan tahsin, mentoring, pengelolaan mading Islami, ODOL (One Day One Lembar), ROHIS GO!, mengadakan pembinaan tilawah al-Qur’an, membentuk grup marawis, Qasidah atau Nasyid untuk akhwat-ikhwan, mengadakan pelatihan public speaking/muhadoroh dan Mengadakan “BERSEMI” bersih-bersih musholla rapi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) program pembinan karakter relegius dalam meningkatkan ketaatan beribadah bagi siswa SMK Al Madani Pontianak, 2) metode pelaksanaan pembinaan karakter relegius dalam meningkatkan ketaatan beribadah bagi siswa SMK Al Madani Pontianak, 3) pembinaan karakter relegius dalam meningkatkan ketaatan beribadah bagi siswa SMK Al Madani Pontianak, 3) faktor yang mempengaruhi penerapan ketaatan beribadah bagi siswa SMK Al Madani Pontianak.
Untuk menjawab mendapatkan jawaban terhadap sub permasalahan di atas, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah guru PAI di SMK Al Madani Pontianak berjumlah 2 orang dan sebagai tambahan guru pembimbing ROHIS. Data yang dikumpulkan tentang program pembinaan karakter religius dalam meningkatkan ketaatan beribadah. Dilakukan melalui teknik dan alat pengumpulan data yaitu observasi untuk mengambil hasil pengamatan penerapan pembinaan karakter religius, wawancara untuk mengambil data hasil responden dari guru PAI dan dokumentasi untuk mengambil program pembinaan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1)program pembinaan karakter di SMK Al Madani Pontianak adalah untuk memberikan bekal secara mental, emosional dan spiritual kepada seluruh peserta didik dalam mengembangkan potensi atau kemampuan yang ada pada dirinya, 2) metode dalam pembinaan karakter religius ini yaitu mengajarkan, memahami konseptual, keteladanan, 3) evaluasi pembinaan karakter dan 4) membuat program dan menerapkan pembinaan karakter religius ini adalah mempengaruhi dengan lingkungan sekolah, sosial dan interaksi masyarakat.