Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Tauhid Karya DR Shalih bin Fauzan Al Fauzan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Suryaningsih, Suryaningsih
dc.date.accessioned 2025-05-08T03:36:34Z
dc.date.available 2025-05-08T03:36:34Z
dc.date.issued 2024-01-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6327
dc.description.abstract SURYANINGSIH, “Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Tauhid Karya DR Shalih bin Fauzan Al Fauzan.” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) konsep pendidikan tauhid rububiyyah dalam kitab tauhid karya Dr Shalih bin Fauzan Al Fauzan 2) konsep pendidikan tauhid uluhiyyah dalam kitab tauhid uluhiyyah dalam kitab tauhid karya Dr Shalih bin Fauzan Al Fauzan 3) konsep pendidikan tauhid asma’ wa sifat dalam kitab tauhid karya Dr Shalih bin Fauzan Al Fauzan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode library research. Sumber penelitian yang digunakan yaitu dengan menganalisis, membaca dan menelaah isi kitab tauhid yang ditulis oleh Dr Shalih bin Fauzan Al Fauzan yang berfokus pada tauhid rububiyyah, uluhiyyah dan asma’ wa sifat. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep pendidikan Islam pada tauhid Rububiyyah ini adalah konsep iman atau percaya kepada kekuasaan Allah maksudnya adalah meyakini Allah dalam kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah dan ini termasuk dalam konsep pendidikan iman kepada Allah yaitu mempercayai dengan hati, diucapkan dengan lisan dan yang terakhir dibuktikan dengan perbuatan anggota badan bahwa kita benar-benar percaya akan kekuasaan Allah tentang penciptaan dan perbuatan Allah yang benar-benar Allah saja yang mampu melakukannya dan ini berhubungan dengan tauhid Uluhiyyah karena orang yang bertauhid Rububiyyah (percaya bahwa Allah yang menciptakan segala sesuatu, percaya bahwa Allah yang mengatur segala sesuatu, dan lain-lain) wajib untuk bertauhid Uluhiyyah (ibadah atau pengaplikasian iman hanya untuk Allah semata) dan ini sangat berkaitan erat. 2) Jadi, konsep pendidikan Islam yang peneliti temukan pada tauhid Uluhiyyah di dalam kitab tauhid karya Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan ini ada dua yaitu konsep pendidikan ikhlas dan konsep ibadah atau peribadahan, di dalam peribadahan inilah manusia akan mendidik hati agar menyerahkan peribadahan dengan sebenar-benarnya hanya kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala tanpa mencampur adukkan dengan sesembahan lain dan benar-benar berdasarkan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang kedua konsep pendidikan ikhlas yang artinya beribadah dengan ikhlas karena Allah Subhannahu wa Ta’ala. Kedua syarat inilah sebab diterimanya amal ibadah manusia yaitu ikhlas dan ittiba’. 3) Jadi, konsep pendidikan di dalam Tauhid Asma’ wa Sifat ini adalah beriman kepada Allah dan nama-nama Allah yang baik, konsep mentauhidkan Allah dalam Aqidah Islam, konsep penerapan pengesaan dari makhluk terhadap Allah mengenai nama-nama dan sifat-sifatNya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Tauhid Karya DR Shalih bin Fauzan Al Fauzan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account