Abstract:
Dwi Tia Astri (12111004). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran dan Manfaatnya Bagi Anak Usia Dini di Ra Mas’udi Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikaan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin sedikitnya anak-anak zaman sekarang melakukan permainan tradisional. Di RA Mas’udi Kota Pontianak, sekolah ini menerapkan permainan tradisional dalam kegiatan pembelajaran mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Jenis permainan tradisional yang diterapkan dalam pembelajaran di RA Mas’udi Kota Pontianak. 2) Manfaat permainan tradisional bagi anak usia dini di RA Mas’udi Kota Pontianak.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu: guru, kepala sekolah dan siswa-siswi RA Mas’udi Kota Pontianak. Selain itu data sekunder yang digunakan meliputi buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti melakukan kondensasi data, penyajian, verifikasi data, dan kesimpulan. Kemudian data tersebut diperiksa keabsahannya melalui triangulasi sumber.
Berdasarkan pembahasan, penelitian ini kemudian meyimpulkan: 1) Jenis permainan tradisional yang diterapkan di RA Mas’udi Kota Pontianak meliputi: Balap Sarung, Congklak, Bakiak, Gala Kepung, Gobak Sodor, dan masih banyak lagi, yang dilakukan sejak tahun 2016. 2) Penerapan permainan tradisional seperti Congklak, Gobak Sodor, dan Balap Sarung di RA Mas’udi memberikan manfaat holistik bagi perkembangan anak usia dini. Permainan ini mendukung aspek kognitif, sosial emosional, fisik motorik, serta moral spiritual. Anak belajar berpikir logis, berinteraksi, mengelola emosi, dan mengembangkan keterampilan motorik. Selain itu, permainan tradisional menanamkan nilai-nilai seperti kerja sama, sportivitas, kejujuran, dan penghargaan terhadap budaya serta spiritual.