PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN KOTA BARU KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Novita, Novita
dc.contributor.advisor Fatimah, Fatimah
dc.contributor.advisor Zaidar, Muhammad
dc.contributor.author Anggreani, Putri
dc.date.accessioned 2025-05-05T07:16:19Z
dc.date.available 2025-05-05T07:16:19Z
dc.date.issued 2025-03-12
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6298
dc.description.abstract Putri Anggreani 12103008, Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang: (1) Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan, (2) Tingkat Kesiapan Pelaku UMKM di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan Dalam Menerapkan E-Commerce, (3) Dampak dari Penerapan E-Commerce dalam Peningkatan Daya Saing UMKM di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, yaitu: (1) Sumber data primer adalah para pelaku UMKM yang belum menggunakan E-Commerce dan yang sudah menggunakan ECommerce, (2) Sumber data sekunder adalah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Pontianak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara dan dibuktikan dengan adanya dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) penerapan E-Commerce bagi pelaku UMKM mampu meningkatkan omset penjualan terbukti dengan bertambahnya jumlah konsumen maupun pelanggan setelah penggunaan aplikasi, (2) Pelaku UMKM yang menjadi responden peneliti mayoritas tidak mengalami kendala dalam menerapkan E-Commerce dalam usahanya. Adapun kendala yang di hadapi responden lain dikarenakan masih tergolong baru dalam mengakses E-Commerce maupun kendala cuaca yang menyebabkan banyak driver yang tidak mau mengambil pesanan menggunakan E-Commerce, (3) penerapan E-commerce dapat meningkatkan daya saing yang signifikan di antaranya adalah jangkauan pasar yang luas, yang berefek dalam peningkatan penjualan sekaligus pendapatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject E-Commerce en_US
dc.subject Daya saing en_US
dc.subject Usaha Mikro Kecil & Menengah en_US
dc.title PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN KOTA BARU KECAMATAN PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account