Abstract:
Renaldi, “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Peduli Sosial Melalui
Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Sman 10 Pontianak” Prodi: Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Insitut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebuah fenomena dilapangan
bahwa kurang nya perhatian karakter religius dan peduli sosial kepada remaja
sekarang,sehingga masih banyak penyimpangan yang terjadi dikalangan remaja,
selain itu sikap remaja yang apatis terhadap lingkungannya menjadikan remaja
sekarang kurang peka terhadap lingkungan sekitar terutama dikalangan pelajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan tentang: 1). Mengetahui apa
saja peran program rohis sebagai pembantu dalam proses penanaman nilai nilai
karakter religius di SMA Negeri 10 Pontianak. 2). Mengetahui apa saja peran
program rohis sebagai pembantu dalam proses penanaman nilai nilai karakter
peduli sosial di SMA Negeri 10 Pontianak. 3). Mengetahui Faktor Penghambat
dalam melaksanakan kegiatan Rohis yang menjadi wadah dalam penanaman nilai
nilai pendidikan Karakter religius dan peduli sosial di Rohis SMA Negeri 10
Pontianak. 4). Mengetahui Faktor Pendukung dalam melaksanakan kegiatan
Rohis yang menjadi sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Karakter
religius dan karakter peduli sosial di Rohis SMA Negeri 10 Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode lapangan (Field
Research) menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi
penelitian di SMAN 10 Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru
pembina Rohis dan anggota rohis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data merujuk pada analisi data Miles dan Huberman, meliputi reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan
perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: 1) Rohis menjadi wadah
untuk siswa dalam memperkuat karakter religius,yang bersumber dari kegiatan
rohis seperti mengajak teman sekelas sholat berjamaah, kajian Al-Quran, Fiqh dan
Sirah Nabawiyah, serta kegiatan PHBI. 2) Penanaman Karakter peduli sosial dapat
di lihat dari kegiatan peduli sosial rohis melakukan kegiatan BANSOS untuk
masyarakat di lingkungan sekitar. 3) Hambatan yang di alami rohis adalah kurang
nya minat siswa 4) mendukung adalah kerjasama antara pihak sekolah.