Faktor Faktor Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTs Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Ramadani, Ramadani
dc.date.accessioned 2025-04-29T02:36:13Z
dc.date.available 2025-04-29T02:36:13Z
dc.date.issued 2024-01-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6252
dc.description.abstract Mempelajari Al-Qur’an, dengan membaca dan memahami serta mengamalkan isi kandungannya, bisa membuat pembacanya mendapatkan hidayah. Dan perolehan hidayah dari mempelajari Al-Qur’an merupakan keberuntungan bagi orang yang mempelajarinya. Dan sebaliknya, tidak mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya merupakan kesengsaraan dalam bentuk kesesatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang menjadi kendala kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yang umumnya terjadi adalah kurangnya jam pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah, kurangnya terbiasa, faktor lingkungan yang menyebabkan peserta didik malas untuk belajar membaca Al-Qur’an pada usia dini, dan juga kurangnya dukungan dari keluarga yang tidak mendorong anaknya untuk belajar membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : Pertama, Apa saja faktor faktor yang menyebabkan kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh. Kedua, Bagaimana solusi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitattif. Karena penelitian ini ditunjukkan untuk mengungkapkan fakta tentang faktot-faktor kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh. Objek penelitian ini adalah seorang guru Al-Qur’an dan 5 siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan membaca siswa kelas VIII disebabkan oleh Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang terkait pada mereka. Adapun Faktor Internal yang paling berpengaruh pada kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah bagian fisik pada pengucapan, psikologis dibagian minat, perhatian dan kelelahan, bagian kemampuan pada memahami bahasa, mengekpresikan bahasa, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Sedangkan Faktor Eksternal yang mempengaruhi adalah faktor keluarga dibagian ekonomi keluarga dan cara orang tua mendidik, faktor sekolah bagian hubungan siswa dengan guru dan hubungan siswa dengan guru, faktor masyarakat pada bagian budaya membaca Al-Qur’an di masyarakat, pembelajaran Al-Qur’an di masyarakat dan media dan gadjet. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Belajar Siswa en_US
dc.subject Faktor Kesulitan Belajar en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Faktor Faktor Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTs Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account