Abstract:
Nova Fitriani. Pengaruh Self Efficacy (Keyakinan Diri) terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas X SMAN 01 Tayan Hilir Tahun ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyan Dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Gambaran self efficacy yang dimiliki peserta didik kelas X di SMAN 01 Tayan Hilir. 2) gambaran hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas X SMAN 01 Tayan Hilir. 3) Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 01 Tayan Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh peserta didik kelas X di SMAN 01 Tayan Hilir yang berjumlah 252 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Self efficacy dari hasil analisis kuesioner peserta didik kelas X di SMAN 01 Tayan Hilir sebesar 78,47% dengan kategori sedang. 2) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil analisis hasil belajar PAI diketahui bahwa rata-rata (mean) dari hasil belajar PAI peserta didik kelas X di SMAN 01 Tayan Hilir sebesar 82,05 dengan jumlah N 20 peserta didik, standar deviasi sebesar 13,017, nilai maximum 100 dan nilai minimum adalah 75. Berdasarkan hasil dari analisis persentase maka, hasil dari belajar PAI yang dimiliki peserta didik kelas X SMAN 01 Tayan Hilir sebesar 86,06 % dengan kategori sangat tinggi.3) Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian uji T yang telah dilakukan diatas menunjukkan bahwa t-hitung 8,248 > 1,725 dengan nilai signifikansinya 0,000 hal ini dapat diartikan bahwa Ha diterima. Maka dinyatakan bahwa self efficacy memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dan adanya hasil Uji Koefisien determinasi didapatkan nilai adjusted R square sebesar 0, 217 maka bisa disimpulkan bahwa besaran pengaruh variabel self efficacy (X) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 21.7%. sedangkan sisanya sebesar 78,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.