Abstract:
SRI NURLAILAH SAPUTRI. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. N 3 Mempawah: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini terbagai menjadi tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran papan sistem persamaan linear dua variabel pada materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII MTs. N 3 Mempawah; Kedua, untuk menganalisis prestasi belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII MTs. N 3 Mempawah; Ketiga, untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran papan sistem persamaan linear dua variabel terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. N 3 Mempawah.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) yang dirancang dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling, maka sampel penelitian ini yaitu kelas VIII C 35 peserta didik kelas kontrol dan kelas VIII D 35 peserta didik kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes essay; 2) teknik observasi dengan instrumen lembar observasi; 3) teknik dokumen dengan instrumen dokumen dan foto. Uji validitas pretest eksperimen dan kontrol menggunakan validitas isi dengan indeks Gregory diperoleh sebesar 1 kategori validitas sangat tinggi, dan uji validitas test posttest eksperimen dan kontrol menggunakan validitas isi dengan indeks Gregory diperoleh sebesar 1 kategori validitas sangat tinggi. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha diperoleh = 0,585. Analisis data menggunakan uji Independent T-Test.
Hasil analisis data telah menjawab ketiga tujuan penelitian yang telah diajukan. Pertama, hasil nilai rata-rata observasi penggunaan media pembelajaran papan sistem persamaan linear dua variabel di kelas eksperimen dengan presentase 100% termasuk kategori sangat tinggi. Kedua, hasil prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata pretest eksperimen sebesar 50,74, dan hasil rata-rata posttest sebesar 80,23, sedangkan hasil rata-rata pretest kontrol sebesar 50,17, dan hasil rata-rata posttest sebesar, 63,13. Ketiga, hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran dan kelompok yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran papan sistem persamaan linear dua variabel terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. N 3 Mempawah.