Abstract:
TASYA REHAINI, Analisis Structural Equation Modelling dengan Pendekatan Partial Least Square untuk Mengetahui Pengaruh Antara Kecemasan MatematiS dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Di MTs. Mujahiddin Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kecemasan matematis; 2) Mendeskripsikan konsep diri; 3) Mendeskripsikan prestasi belajar: 4) Menjelaskan signifikansi pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika; 5) Menjelaskan signifikan pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini dilakukan di MTs Mujahidin Pontianak. Jumlah populasi sebanyak 45 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes essay; 2) teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen lembar angket tertutup; dan 3) teknik studi dokumen dengan instrumen dokumen dan foto. Instrumen telah diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan konstruk, uji validitas isi menggunakan indeks Lawshe diperoleh CVI=1,00, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori non parametrik dengan software smart PLS versi 4, dengan kriteria loading factor 0,7 diperoleh untuk tes essay 6 butir valid, angket kecemasan matematis 13 butir valid dan angket konsep diri 17 butir valid. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha diperoleh 𝑟 = 0,799 untuk tes essay, 𝑟 = 0,913 untuk lembar angket kecemasan matematis dan 𝑟 = 0,756 untuk lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis structural equation modeling dengan pendekatan partial lesat square.
Berdasarkan pada analisis, diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Kecemasan matematis memiliki nilai rata-rata presentase sebesar 69,5% termasuk kategori tinggi; 2) Konsep diri memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 75,4% termasuk kategori sangat tinggi; 3) Prestasi belajar memiliki nilai rata-rata sebesar 65,167 termasuk kategori kurang; 4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika; 5) Terdapat pengaruh yang signifikan dari konsep diri terhadap prestasi belajar.