Abstract:
NURAISYAH, Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik di Kelas VIII MTS Ushuluddin Sungai Jaga A Tahun Pelajaran 2025/2026. Program Studi Tadris Matematika (TM) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi relasi dan fungi. Nilai yang belum mencapai KKM itu dapat disebebkan berbagai faktor yang salah satunya adalah ketika pembelajaran berlangsung peserta didik tidak memperhatikan guru dan kurangnya motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan menganalisis 1) mendeskripsikan motivasi berprestasi, 2) mendeskripsikan prestasi belajar, 3) menjelaskan sifat dan signifikansi hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika materi relasi dan fungsi pada peserta didik kelas VII MTs Ushuluddin SungaI Jaga A.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Ushuluddin Sungai Jaga A, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 peserta didik di kelas VIII. Lokasi penelitiannya adalah di MTS Ushuluddin Sungai Jaga A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) komunikasi tidak langsung, (2) pengukuran, (3) studi dokumen. Instrumen pengumpulan datanya adalah (1) angket, (1) tes tertulis, dan (3) dokumen dan foto. Data yang diperoleh kemudian dianalisis yang mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Kesimpulan penelitian ini secara umum adalah hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTS Ushuluddin Sungai Jaga A Tahun Pelajaran 2025/2026. 1) Motivasi berprestasi mencapai rata-rata 40,36%, 2) Prestasi belajar peserta didik mendapatkan nilai sebesar 35, 98 termasuk kategori sangat rendah, 3) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bersifat positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik tingkat keeratan hubungan adalah sebesar 17,5%.