Abstract:
Carmila Sendywati (12103092). “Strategi Pemasaran Syariah Melalui Analisis SWOT Pada Bisnis Cake Ayu di Kota Pontianak”. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi praktik pemasaran syariah yang dilakukan. 2) menganalisis faktor internal yang ada pada usaha Cake Ayu dan 3) menganalisis faktor eskternal yang ada pada usaha tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi secara langsung, wawancara mendalam serta observasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha Cake Ayu, konsumen dan karyawan Cake Ayu. Teknik analis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada aspek pemasaran syariah dilihat produk yang ada pada Cake Ayu sudah bersertifikat halal dan produk dikemas dengan baik. Pada harga dan promosi Cake Ayu menawarkan produk dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin. Serta Cake Ayu tidak menggunakan hal-hal yang dilarang dalam syariat islam sebagai bahan untuk promosi dan memberikan informasi terkait produk sesuai dengan fakta yang ada.. 2) Pada faktor internal yang menjadi kekuatan dalam usaha tersebut yaitu Cake Ayu memberikan pelayanan yang baik serta produk yang bervariasi dengan harga yang terjangkau. Dan kelemahan yang ada pada usaha tersebut yaitu bahan baku yang terkadang tidak tersedia dipasar serta pembuatan produk masih menggunakan teknologi yang lama 3) Pada faktor ekternal yang menjadi peluang pada usaha ini yaitu Cake Ayu memiliki inovasi terbaru yang menjadi daya tarik tersendiri usaha tersebut serta memasarkan produk secara online dan offline. Dan yang menjadi ancaman pada usaha tersebut yaitu adanya pesaing yang cukup tinggi pada usaha Cake, daya beli masyarakat yang berubah dan mengikuti tren, serta peningkatan biaya produksi dan sumber daya yang digunakan saat pembuatan produk.