PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI (STUDI KELOMPOK B TK AULIA KOTA PONTIANAK)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Widiatmaka, Pipit
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Masturi, Nia
dc.date.accessioned 2025-03-17T04:00:32Z
dc.date.available 2025-03-17T04:00:32Z
dc.date.issued 2025-01-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6111
dc.description.abstract NIA MASTURI, 11911035. Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini (Studi Kelompok B TK Aulia Kota Pontianak). Skripsi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru dan orang tua dalam pendidikan akhlak pada anak usia dini (studi kelompok B TK Aulia kota Pontianak). Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun, bersifat unik, berada dalam masa potensial, bersifat relatif spontan, bersifat aktif dan energik, memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan berjiwa petualang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Peran Guru dalam Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Studi Kelompok B TK Aulia Kota Pontianak, 2) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Studi Kelompok B TK Aulia Kota Pontianak, 3) Kendala Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Studi Kelompok B TK Aulia Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah proses mencari dan mengatur secara sistem transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan lain yang telah dikumpulkan. Analisis data menggunakan analisis data interaktif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertivikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran guru dalam pendidikan akhlak pada anak usia dini studi kelompok B TK Aulia kota Pontianak yaitu, guru sebagai model atau contoh bagi anak dengan menunjukkan sikap yang positif. 2) Peran orang tua dalam pendidikan akhlak pada anak usia dini studi kelompok B TK Aulia kota Pontianak yaitu pertama, membimbing anak dengan memberikan teladan yang baik dan selalu mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anaknya. 3) Kendala Guru dan Orang tua dalam Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini pada Studi kelompok B TK Aulia Kota Pontianak, yaitu keterbatasan pemahaman dan pengetahuan tentang kurikulum dan metode pengajaran terutama di era digital yang menuntut penguasaan perangkat dan aplikasi pendidikan. Keterbatasan waktu dan komunikasi, guru harus menangani banyaknya siswa dan merencanakan pelajaran dan menyelesaikan tugas administrasi, yang mempengaruhi kemampuan untuk berinteraksi lebih intensif dengan murid dan orang tua yang sibuk menjalani aktivitas menjadi kesulitan untuk meluangkan waktu dalam melihat perkembangan pendidikan anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Peran Orang Tua en_US
dc.subject Pendidikan akhlak en_US
dc.title PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI (STUDI KELOMPOK B TK AULIA KOTA PONTIANAK) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account