Abstract:
Isam Savitri (12014045), Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pal Sembilan Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Program Studi Psikologi Islam, Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, Tahun 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat persepsi kualitas pelayanan di Puskesmas Pal Sembilan, 2) Mengetahui tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Pal Sembilan, dan 3) Mengetahui hubungan antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pal Sembilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Puskesmas Pal Sembilan, dengan sampel sebanyak 85 responden yang dipilih melalui teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Persepsi Kualitas Pelayanan berdasarkan teori Parasuraman (1988) dan skala Kepuasan Pasien berdasarkan teori Kotler & Keller (2012). Analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment pearson.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi kualitas pelayanan di Puskesmas Pal Sembilan berada pada kategori sedang dengan persentase 68%. 2) Kepuasan pasien juga berada pada kategori sedang dengan persentase 70%. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan nilai korelasi sebesar 0,763 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa semakin baik persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan, semakin tinggi tingkat kepuasan pasien, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.