Abstract:
Dimas Lunaldy, NIM: 12005050, Strategi Promosi Pariwisata Melalui Instagram @kominfo_singkawang (Studi Pada Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang): Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang melalui media sosial Instagram @kominfo_singkawang. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menjawab dua permasalahan utama, yaitu (1) bagaimana strategi promosi pariwisata yang diterapkan melalui penggunaan Instagram oleh Kominfo Singkawang, dan (2) bagaimana bentuk promosi pariwisata yang diterapkan oleh Kominfo Singkawang di Instagram.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta menggunakan teori AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, Action) sebagai kerangka analisis. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber sekunder, yaitu 1) Sumber data primer dalam penelitian ini adalah perancang grafis instagram diskominfo singkawang, pranata humas diskominfo, admin instagram diskominfo, pengelola pengaduan publik, dan lima orang wisatawan yang ada di Kalimantan Barat; 2) Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari peneliti dapatkan di Diskominfo Kota Singkawang yang berupa data-data yang diperlukan untuk memperkuat data primer, dan yang peneliti peroleh dari buku-buku, dokumen-dokumen, arsip ataupun yang lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi pariwisata di Instagram Kominfo Singkawang dilakukan melalui berbagai konten visual seperti foto dan video yang menarik perhatian, serta penggunaan hashtag untuk meningkatkan jangkauan. Strategi promosi yang diterapkan meliputi pengelolaan akun Instagram yang aktif, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta penciptaan konten yang sesuai dengan minat dan keinginan audiens, dengan tujuan untuk membangkitkan keinginan serta mendukung keputusan audiens untuk berkunjung ke destinasi wisata di Singkawang.