PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Khairawari, Khairawati
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Sintia, Gebby
dc.date.accessioned 2025-02-24T00:55:11Z
dc.date.available 2025-02-24T00:55:11Z
dc.date.issued 2025-01-22
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6028
dc.description.abstract GEBBY SINTIA. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di Min 1 Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Pontianak dalam mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum dan sesudah penerapan media audio visual serta mengukur pengaruh media tersebut terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain control group pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VA dan VC yang terdiri dari 83 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Total dengan kelas VA sebanyak 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihanganda (pre-test dan post-test). Teknik Analisis data dengan uju-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan media audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak termasuk dalam kategori sangat baik karena semua langkah-langkah dalam penerapan media audio visual telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen tahap pre-test sebesar 71,14 dan pada tahap post-test sebesar 80,91. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pada tahap pre- test sebesar 77,05 dan pada tahap post-test sebesar 81,12. 3) Hasil uji-t diperoleh nilai sebesar Sig 0,001< 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikansi dari penerapan media audio visual terhadap hasil belajar siswa di kelas V di MIN 1 Pontianak. Hasil post-test menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis N-Gain Score kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai 0,44 atau sebesar 44%. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 0,58 atau sebesar 58%. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account