Abstract:
Mut Heri NIM 11711263, Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam memotivasi
semangat belajar Pada Siswa di MTs Miftahul Ulum Moton Pertanian 2024,
Program studi pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam memotivasi semangat belajar dalam
memahami dan mengerti terkait dengan pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangang
MTs Miftahul Ulum Moton Pertanian merupakan lembaga pendidikan Islam di
Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. MTs Miftahul Ulum Moton
Pertanian menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mengedepankan ajaran-
ajaran agama khususnya Islam yang menekankan pada pemahaman dalam belajar
Al-Qur’an Hadits, akan tetapi dalam kemampuan memahami pelajaran Al-Qur’an
Hadits MTs Miftahul Ulum Moton Pertanian memiliki strategi Upaya Guru dalam
memotivasi semangat belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits sehingga
berdampak pada pemahaman Siswa terhadap pelajaran Al-Qur’an Hadits. Maka
dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis strategi Upaya
Guru dalam memotivasi semangat belajar siswa sehingga berdampak baik pada
Siswa.
Upaya menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan metodologi
penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menganalisis data
secara mendalam. Penelitian ini termasuk dalam klaster jenis penelitian studi
lapangan, sebab peneliti mencari data secara langsung di lapangan melalui
informan Guru dan Siswa di MTs Miftahul Ulum Moton Pertanian. Cara
pengumpulan data peneliti menggunakan observasi secara langsung, wawancara
dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik analisis data
seperti reduksi data, display data dan menarik kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Guru atau tenaga pengajar di MTs
Miftahul Ulum Moton Pertanian 2024 memiliki strategi dalam memberikan
motivasi pada Siswa agar Siswa memiliki kemampuan memahami pelajaran Al-
Qur’an Hadits dengan baik, adapun strategi motivasi Guru di MTs Miftahul Ulum
Moton Pertanian seperti Memberikan nasehat, Memberikan kata pujian,
Memberikan penghargaan, Membankitkan siswa dari rasa ingin tahu, Evaluasi dan
Umpan Balik Berkala dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru serta
Monitoring Kemajuan Individu sehingga berdampak pada kemampuan Siswa
dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan baik, adapun dampak yang
dihasilkan dari strategi Motivasi di MTs Miftahul Ulum Moton Pertanian 2024
yaitu Peningkatan Kemampuan Terhadap pelajaran Al-Qur'an Hadits,
Pengembangan Kemampuan dalam memahami pelajaran Al-Qur'an Hadits,
Penguatan Nilai-Nilai Agama, Pembentukan Identitas Islami, Meningkatkan
Kemandirian Spiritual.