Abstract:
DARMANSYAH. Kemampuan Siswa Menghafal Al-Qur’an Juz Amma Di Kelas 8A SMP Islam BAWARI Pontianak. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Mengetahui kelancaran siswa kelas 8A dalam menghafal Al-Qur’an juz amma di SMP Islam BAWARI Pontianak; 2) Mengetahui cara menghafal Al-Qur’an juz amma siswa kelas 8A SMP Islam BAWARI Pontianak; 3) Mengetahui kesesuaian bacaan siswa kelas 8A dengan kaidah ilmu tajwid di SMP Islam BAWARI Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer terdiri dari guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa-siswi kelas 8A SMP Islam BAWARI Pontianak dan data sekunder berupa dokumenter, buku referensi, jurnal penelitian dan kajian studi pustaka yang menjadi pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes, daftar dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahap terakhir yang digunakan ialah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil tes hafalan juz amma siswa kelas 8A pada aspek kelancaran dari 34 siswa, 25 siswa lancar dan 9 siswa tidak lancar dengan berdasarkan kriteria tidak terbata-bata saat melafalkan dan sempurna dalam melafalkan ayat Al-Qur’an juz amma di SMP Islam BAWARI Pontianak. 2) Cara menghafal juz amma siswa kelas 8A ialah dengan menggunakan metode talaqqi dan tasmi. Sedangkan strategi ialah dengan menggunakan strategi tutor sebaya. 3) Berdasarkan hasil tes hafalan juz amma siswa kelas 8A pada aspek kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid dari 34 siswa, 25 siswa sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan 9 siswa tidak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid berdasarkan kriteria makhrijul huruf, shifatul huruf, hukum kaidah bacaan serta panjang dan pendeknya bacaan siswa di SMP Islam BAWARI Pontianak.