Abstract:
WINDY. “Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Bina Empat Lima”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi ( pengamatan ) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh gerak dan lagu terhadap kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan statistik dan analisis regresi linear sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gerak dan lagu terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bina Empat Lima. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengajukan tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana perkembangan motorik kasar melalui gerak dan lagu? (2) Bagaimana penerapan gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar? dan (3) Bagaimana pengaruh gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar anak?.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel gerak dan lagu (X) dengan kemampuan motorik kasar (Y), dengan model regresi Y = -3.924 + 0.649X. Setiap peningkatan satu unit pada X berhubungan dengan peningkatan 0.649 pada Y. Koefisien korelasi sebesar 0.739 menunjukkan hubungan yang erat, sementara nilai R sebesar 0.546 menunjukkan bahwa 54.6% variasi kemampuan motorik kasar dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak (t hitung = 5.702 > t tabel = 2.05183), yang mengindikasikan pengaruh signifikan dari gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar anak.