Abstract:
WASILAH. Penggunaan Media Pembelajaran Kinetic Sand untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Hidayatul Mubtadi’ien Desa Kuala Dua. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2020.
Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Hidayatul Mubtadi’ien Desa Kuala Dua belum berkembang dengan baik. Ada tiga indikator dalam penelitian ini untuk meningkatkan motorik halus anak yakni: anak mampu menulis angka di atas pasir, anak mampu menuang pasir kecetakan, anak mampu mencetak pasir menjadi berbagai bentuk hewan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) penggunaan media pembelajaran kinetic sand untuk meningkatkan motorik halus anak usia 4- 5 tahun di PAUD Hidayatul Mubtadi’ien Desa Kuala Dua. 2) ada tidaknya peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran kinetic sand untuk meningkatkan motorik halus anak usia 4- 5 tahun di PAUD Hidayatul Mubtadi’ien Desa Kuala Dua.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sumber data terdiri dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan), dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun pada kondisi awal sebelum diadakan tindakan sebesar 26,67%. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media kinetic sand maka kemampuan motorik halus anak pada siklus I meningkat menjadi 53,33% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80% dan mampu mencapai indikator peningkatan motorik halus. Pada siklus II membuktikan bahwa penelitian telah mencapai indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kinetic sand dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Hidayatul Mubtadi’ien Desa Kuala Dua.