Abstract:
Tri Rahmayanti (11811013), 2024. Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dalam Pembelajaran Tahfidz pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 01 Kapuas Hulu.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan menjaga kemurnian Al-Qur’an sebagai bentuk cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran Tahfidz pada peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 01 Kapuas Hulu. Kedua, untuk mengukur kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 01 Kapuas Hulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 133 peserta didik kelas XI (Sebelas). Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling proportionate stratified random sampling atau pengambilan sampel dari populasi yang berstrata. Untuk menentukan berapa banyak sampel yang diperlukan, peneliti menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Maka ditetapkan sebanyak 100 peserta didik kelas XI yang menjadi sampel pada penelitian ini yang terdiri dari 25 peserta didik kelas XI IPA 1, 25 peserta didik kelas XI IPA 2, 25 peserta didik kelas XI IPS 1, dan 25 peserta didik kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar cheklist, lembar tes keterampilan, dan dokumen atau foto. Uji validitas pada instrumen penelitian ini menggunakan formula Gregory yang menyatakan instrumen valid dengan skor kevalidan 1,0. Reliabilitas instrumen penelitian dinyatakan reliabel dengan skor 0,86851 setelah instrumen diserahkan kepada 30 responden yang mempunyai karakteristik yang sama dengan sampel yang akan diteliti. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) dan Microsoft Excel. Analisis statistik deskriptif mencari nilai mean, median, dan modus pada data yang didapatkan. Setelah data didapatkan, data tersebut diklasifikasikan ke dalam 4 tingkatan yaitu sangat baik, baik, kurang baik, dan sangat kurang baik. Kemudian data yang sudah diolah diubah ke dalam angka-angka perhitungan hasil pengukuran.
Penelitian ini telah menjawab seluruh tujuan penelitian. Pertama, proses pelaksanaan pembelajaran Tahfidz pada peserta didik kelas XI di MAN 01 Kapuas Hulu sangat baik dengan nilai akhir mencapai 97 yang diukur dari 10 aspek yang dimulai dari peserta didik masuk kelas tepat waktu sampai berdo’a dan salam ketika pembelajaran Tahfidz selesai. Kedua, kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 01 Kapuas Hulu dinilai baik dengan nilai akhir 77,96.