Abstract:
M. Sulthon Ibnu Agung, Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Burnout Pada Tenaga Pendidik Lembaga Pendidikan Islam Yang Melakukan Aktivitas Multiple Job Holding Di Kota Pontianak: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakhwa, Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui besar tingkat beban kerja pada tenaga pendidik yang melakukan aktivitas multiple job holding. (2) mengetahui besar tingkat burnout pada tenaga pendidik yang melakukan aktivitas multiple job holding. (3) mengetahui apakah terdapat hubungan beban kerja dengan burnout pada tenaga pendidik yang mengajar di lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren dan taman pendidikan Al-qur’an (TPA) di Kota Pontianak.
Penelitian ini termasuk menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner berupa skala likert dari beban kerja dan burnout. Teknik pengambilan sempel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sempel yang didapat sebanyak 52 orang.
Berdasarkan hasil analisis statistik bahwa: 1) Beban kerja tenaga pendidik yang melakukan multiple job holding di Pontianak didominasi kategori sedang (28 orang), diikuti kategori tinggi (24 orang), 2) Burnout pada tenaga pendidik di Pontianak didominasi kategori sedang (35 orang), diikuti kategori rendah (17 orang), 3) Hipotesis diterima dengan nilai signifikansi 0,010, menunjukkan hubungan signifikan antara beban kerja dan burnout pada tenaga pendidik lembaga pendidikan islam yang melakukan multiple job holding di Pontianak.