PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs AL-HUDA PEMATANG TUJUH TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author AKBAR, ASYRAFUL
dc.date.accessioned 2025-02-07T07:10:03Z
dc.date.available 2025-02-07T07:10:03Z
dc.date.issued 2025-01-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5949
dc.description.abstract ASYRAFUL AKBAR. Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Berbantuan Media Augmented Reality Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Mts Al-Huda Pematang Tujuh Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh, yaitu kurangnya pemahaman peserta didik dan nilai yang rendah pada materi bangun ruang limas segi empat, yang disebabkan oleh metode dan media yang kurang efektif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan metode diskusi berbantuan media augmented reality bangun ruang pada peserta didik kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh. 2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh. 3) Pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media augmented reality bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu quasi experimental. Desain quasi experimental dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk metode diskusi berbantuan media augmented reality bangun ruang dan variabel (Y) untuk hasil belajar peserta didik kelas VIII. Populasi penelitian ini berjumlah 39 peserta didik kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh dan sampel penelitian ini menggunakan seluruh populasi. Teknik untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Alat mengumpulkan data terdiri dari soal tes essay, lembar observasi, dokumen dan foto. Analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat data, dan 4) Analisis Uji Hipotesis. Hasil penelitian yaitu: 1) Secara keseluruhan penggunaan metode diskusi berbantuan media augmented reality bangun ruang berjalan 100% yang dikategorikan sangat baik sesuai dengan RPP ajar yang telah peneliti buat. 2) Rata-rata hasil belajar kelas kontrol untuk pre-test 50,50 dengan ketuntasan 36,36% dan untuk post-test 61,09 dengan ketuntasan 54,54%. Kemudian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen untuk pre-test 69,88 dengan ketuntasan 58,82 % dan untuk post-test 78,71 dengan ketuntasan 94,11%. 3) Terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media augmented reality bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Huda Pematang Tujuh dengan hasil Asymp Sig (2-tailed) ialah 0,001 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Diskusi en_US
dc.subject Media Augmented Reality Bangun Ruang en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs AL-HUDA PEMATANG TUJUH TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account