Abstract:
Redo Saputra, Pengaruh Komitmen Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII A SMPN 17 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum cukup memiliki komitmen, ini dapat dilihat dari kurangnya antusiasme dan motivasi dari guru pendidikan agama islam dalam mengajar sehingga hasil belajar yang didapatkan kurang baik. Berdasarkan identifikasi masalah, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana komitmen guru pendidikan agama islam, bagaimana hasil belajar dan bagaimana pengaruh komitmen guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Pontianak, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda.
Simpulan penelitian menyatakan bahwa : 1) Penerapan komitmen guru pendidikan agama islam termasuk dalam kategori sangat baik karena berdasarkan hasil angket perilaku memperoleh persentase sebanyak 87,13% artinya komitmen guru sudah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar post-test siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,59 dan pada hasil belajar pre-test mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,84. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T one sample t-test didapatkan nilai signifikansi sig (2-tailed) sebesar 0,00< 0,05, dan uji adjusted R-square mendapatkan nilai sebesar 0,720 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara komitmen guru sebesar 72% terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII A SMPN 17 Pontianak.