RESPONS NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP M-BANKING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Rahmawati, Nurul
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Ilmi, Syaiful
dc.contributor.author Santikasari, Nuranisa
dc.date.accessioned 2025-02-06T01:17:19Z
dc.date.available 2025-02-06T01:17:19Z
dc.date.issued 2024-11-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5930
dc.description.abstract NURANISA SANTIKASARI. 11823106 “ Respons Nasabah Bank Syariah Terhadap M-Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak) . “ Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon nasabah terhadap layanan mobile-banking (m-banking) Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan fokus pada Sikap dan Tingkat Pengetahuan Nasabah Kota Pontianak. Studi ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan, seperti kemudahan akses, kepercayaan terhadap keamanan, dan pemanfaatan fitur syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan wawancara langsung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Data kemudian diolah dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar nasabah memiliki sikap positif terhadap m-banking BSI karena kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan. Namun, terdapat tantangan berupa keterbatasan literasi digital dan pengetahuan nasabah tentang fitur-fitur lanjutan, seperti layanan zakat, investasi syariah, dan pengelolaan keuangan. Selain itu, kekhawatiran terhadap keamanan digital juga memengaruhi tingkat kepercayaan nasabah. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar BSI meningkatkan edukasi melalui kampanye digital, pelatihan interaktif, dan penguatan fitur keamanan aplikasi. Dengan strategi ini, BSI diharapkan dapat memperkuat hubungan dengan nasabah sekaligus meningkatkan adopsi layanan berbasis syariah secara digital. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Respons Nasabah Bank Syariah Terhadap M-Banking en_US
dc.title RESPONS NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP M-BANKING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account